Banner-iklan Pictures, Images and Photos Banner-iklan Pictures, Images and Photos Banner-iklan Pictures, Images and Photos Banner-iklan Pictures, Images and Photos

20091025

Pengertian Hotel

0 komentar
Beberapa pengertian hotel :
  1. Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan penginapan berikut makan dan minum. (SK. Menhub. RI. No. PM 10/PW.391 /Phb-77).
  2. Hotel adalah sejenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial. (SK> Menparpostel No. KM 37 / PW 340 / MPPT-86).
  3. Hotel is an establishment that provides lodging and meals for pay. (Webster’s New American Dictionary).
  4. A hotel or inn may be defined as an establishment whose primary business is providing lodging facilities for the general public, and which furnishes one or more of the following services: food and beverage service, room attendant service, uniformed service, laundering of linens and use of furniture and fixtures. Hotel can have anywhere from 50 to 2000 rooms sometimes more. Inns usually have 5 to 50 rooms and the levels of service is more personal. (Michael L. Kasavana, Ph.D. /Richard M. Brooks, CHA.,Managing Front Office Operations, Third Edition, The Educational Institute of The American Hotel & Motel Assosiation, 1991, Page 6).
Secara garis besar, Hotel mempunyai ciri sebagai berikut :
a. Produknya bernuansa kebersihan, kamar yang nyaman, makanan/minuman yang enak.
b. Hampir semua hotel adalah padat karya.
c. Memiliki bangunan dan tanah yang memerlukan pemeliharaan fisik secara terus menerus dan berkesnambungan.
d. Faktor courtesy dan pelayanan memegang peran yang sangat penting.
e. Bertanggung jawab terhadap tamu, baik yang menginap maupun yang hanya menikmati fasilitas hotel.

Hotel dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:
1. Front of the House Merupakan bagian yang secara langsung berhubungan dengan tamu, yang meliputi :
  • Front Office Dept. Menangani proses penjualan kamar, penyambutan tamu, registrasi tamu yang akan menginap, memberikan kunci kamar dan menangani system pembayarannya. Berfungsi juga sebagai pusat informasi tamu.
  • Housekeeping Dept. Menangani penyiapan kamar dan lingkungannya, sesuai standar hotel tersebut, sehingga tamu merasa nyaman dan kerasan.
  • Food & Beverage Dept. Menangani pelayanan yang berkaitan dengan penyediaan dan penjualan makanan dan minuman termasuk peralatannya serta acara-acara yang terkait.
  • Accounting Dept. Bagian ini ada yang langsung berhubungan dengan tamu, ada juga yang tidak. Pelayanan yang terkait dengan keuangan menjadi tugas dari department ini.
2. Back of the House Bagian yang tidak langsung berhubungan dengan tamu, meliputi:
  • Human Resources Dept. Menangani sumber daya manusia, mulai dari proses penyediaan, penempatan, pengembangan, hingga proses pemberhentiannya atau pensiun.
  • Store Dept. Menangani pergudangan untuk keperluan hotel.
  • Purchasing Dept. Menangani mesalah pengadaan barang kebutuhan hotel.
  • Cost Control Dept. Menangani hal-hal yang berkaitan dengan pengendalian biaya dan saran-saran untuk itu.
  • Engineering Dept. Menangani masalah yang berkaitan dengan kelancaran operasional bangunan termasuk pemeliharaan dan perbaikan, baik yang mekanikal maupun elektrikal serta energinya.
Disamping pembagian diatas, ada juga yang membagi hotel menjadi 3 bagian, yaitu :
1. Revenue Producing Dept. Terdiri dari bagian hotel yang dioperasikan unutk mengahsilkan barang dan jasa untuk dijual kepada tamu. Dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
a. Major Dept. (nilai penjualan tinggi)
b. Minor Dept. (nilai penjualan lebih kecil)

2. Non-Revenue Producing Dept. Bagian yang diusahakan untuk menghasilkan barang/jasa untuk keperluan hotel maupun tamu, tetapi tidak untuk tujuan mendapatkan uang atau Revenue.

3. Concession atau Store Rental
Bagian yang tidak dioperasikan dan menghasilkan barang/jasa untuk dijual kepada tamu hotel, tetapi dikelola oleh penyewa dengan suatu bentuk perjanjian dengan pihak hotel.

0 komentar:

Posting Komentar