Hubungan Kerja Houskeeping Department Dengan Department Lain
Housekeeping dept. dengan Front Office dept.
Front Office :
- Mengirimkan “Holding Reservation” yaitu daftar kamar-kamar yang sudah dipesan, atau jumlah kamar yang telah dipesan tamu dalam satu periode, dapat berupa pesanan dalam satu hari, satu bulan, satu semester sampai satu tahun.
- Mengirimkan EA rooms atau blocking rooms, yaitu daftar kamar yang sudah dipesan untuk hari ini.
- Mengirim VIP treatment and Flower Request untuk EA VIP.
- Mengirim daftar perubahan kamar baik yang masih dipesan maupun yang sudah ditempati tamu.
- Mengirimkan daftar tamu yang ada di hotel.
- Mengirimkan daftar tamu VIP.
- Meminta pemasangan Extra bed atau baby box.
- Membuat House Count Information.
- Memberikan ED list pada hari ini.
- Membuatkan Discrepancy Report.
- Melaporkan complain tamu tentang kondisi kamar.
- Mamberi tahu apabila ada tamu check in tanpa membawa barang.
- Menyiapkan kamar yang akan ditempati tamu.
- Menyiapkan VIP treatment untuk EA, VIP.
- Menyiapkan housekeeping report.
- Memasang Extra bed atau baby box.
- Melaporkan pada Front Office, kamar yang sudah siap dipakai.
- Memberitahukan kamar-kamar yang dalam keadaan rusak/ada alat yang rusak, tidak dapat dijual; dilakukan General Cleaning; Dicat ulang.
- Melaporkan penemuan barang tamu dalam kamar yang baru saja check out.
- Melaporkan pada Front Office bila tamu minta tambah kamar atau pindah kamar.
- Menerima complain tamu tentang kondisi kamar.
- Memantau tamu-tamu yang mencurigakan.
- Menjaga kebersihan FO area/lobby area.
- Menyediakan, merawat dan menyimpan uniform karyawan FO dept.
- Merangkai bunga untuk dipasang di lobby area.
Hubungan kerja Housekeeping dept. dengan FOC (Front Office Cashier)
FOC :
- Memberitahukan bila ada tamu yang akan check out, agar mini barnya dicek dan dilaporkan segera pada FOC.
- Menanyakan apakah ada bill yang belum dikirim ke FOC untuk tamu yang akan check out.
- Memberitahu tentang tamu yang akan check out untuk memeriksa kamar, apakah ada barang milik hotel terbawa tamu atau barang milik tamu yang tertinggal.
- Menginformasikan jika ada barang hotel terbawa tamu atau dipinjam tamu, serta dititipkan di FOC, supaya segera diambil.
- Melaporkan ke FOC mini bar yang diminum tamu.
- Mengirimkan bill-bill voucher kepad FOC.
- Memberitahu kamar-kamar yang menggunakan Extra bed.
- Melaporkan ke FOC jika ada barang hotel yang terbawa tamu atau barang milik tamu yang tertinggal.
- Memberitahu ke FOC bila didapati ada barang hotel yang rusak/dirusakkan tamu, maka tamu dimohon membayar ganti rugi.
- Menanyakan tentang tamu yang ED today atau check out hari ini.
- Menyediakan, merawat, menyimpan uniform karyawan FOC.
Housekeeping dept. dengan Engineering dept.
Engineering dept.:
- Perbaikan mesin-mesin atau alat-alat yang digunakan Housekeeping dept.
- Melaksanakan pekerjaan yang dikehendaki Housekeeping berdasrkan WO.
- Memasang perlengkapan/ alat-alat mesin sebagai sarana kerja Housekeeping.
- Memberitahu cara-cara kerja/pengoperasiannya serta cara merawat.
- Memasang perlengkapan yang diperlukan untuk acara-acara, rapat, pertemuan dll.
- Meminjamkan perlengkapan yang diperlukan tamu baik di kamr atau dalam ruang pertemuan.
- Memberitahu perubahan-perubahan nomor telepon yang telah diprogram.
- Meminta ijin dan menginformasikan bila akan diadakan uji coba alarm.
- Memberitahu apabila akan diadakan pemadaman listrik, karena perbaikan alat-alat.
- Melaporkan kerusakan-kerusakan yang terjadi di lingkungan kerja Housekeeping dept.
- Membuat dan mengirim Wo untuk perbaikan kerusakan atau membuatkan sarana kerja yang diperlukan.
- Membuat WO untuk pengecatan ulang baik di kamar tamu atau diruang lain.
- Meminta membantu pemasangan perlengkapan yang menggunakan listrik.
- Meminta bantuan mengenai pengoperasian mesin-mesin yang akan digunakan.
- Meminta bantuan untuk pemasangan peralatan yang akan digunakan Housekeeping maupun yang diperlukan untuk rapat atau pertemuan.
- Memberitahu bila ada tamu yang minta tambahan lampu, ganti lampu atau meminjam perlengkapan elektronik lain.
- Meminta penjelasan tentang perubahan nomor telepon maupun system kerja pengoperasian alat-alat elektronik lain.
- Menyediakan dan merawat pakaian seragam Engineering dept.
Housekeeping dept. dengan Marketing dept.
Marketing:
- Memberitahukan apabila akan diadakan konferensi, seminar, loka karya, raker, dll di Ruang-ruang pertemuan.
- Memberikan Function Bulletin bila akan diselanggarakan suatu Function/Event.
- Memberitahu apabila ada perubahan tanggal pelaksanaan atau tempat diselenggarakan acara.
- Memberitahu jika ada perubahan jumlah peserta atau perubahan layout, untuk menentukan jumlah kursi serta penataan meja/kursi dalam ruangan.
- Meminta bantuan untuk memasang spanduk, maupun membuat dekorasi dalam ruang pertemuan.
- Membuat Flyer bila akan diadakan suatu event.
- Menyimpan dan merawat uniform milik Marketing dept.
- Membersihkan Marketing Office.
- Membersihkan ruangan yang akan digunakan untuk acara pertemuan.
- Membuat layout dalam ruang pertemuan sesuai order.
- Melakukan perubahan layout sesuai dengan kehendak tamu.
- Memasang spanduk atau banner baik untuk kedatangan tamu rombongan atau untuk function.
- Memasang flyer ke dalam tiap kamar tamu
Responsibility and Job Description Housekeeping Department
Tugas Dan Tanggung Jawab Masing Masing Jabatan di Housekeeping Department
HOUSEMAN
• NAMA JABATAN : OFFICE BOY (UTILITY)
• DIVISI : HOUSEMAN
• DEPARTEMEN : HOUSEKEEPING
Read More..
0 komentar:
Posting Komentar